Antara Pertemanan dan Persahabatan

Sebagai kaum muda, banyak di antara kita yang memiliki teman dengan berbagai karakter, latar belakang, dan status sosial.

Di masa muda, berteman adalah sebuah keindahan. Ada beragam kebanggaan hati, bila kita memiliki banyak teman. Banyak teman, juga berarti banyak permainan, banyak keakraban, banyak petualangan dan banyak pengalaman. Semua itu serba mengasyikkan. Apalagi saat di rumah kita kurang mendapat perhatian orang tua.

Teman sering dijadikan tempat curhat, tempat berbual, tempat menghilangkan kepenatan, dan meski sekali-kali juga tempat kita melampiaskan kekesalan. Itulah sebabnya, teman akrab di masa remaja, sering identik dengan potensi lawan berkelahi.

Memilih-milih teman mungkin pekerjaan sulit bagi kalangan remaja. Tapi bagaimanapun, mereka tetap harus melakukan itu. Karena di tengah setiap komunitas, selalu ada komunitas-komunitas kecil yang menyandang kekhasan sendiri-sendiri.

Ada komunitas yang senang melancong. Ada komunitas yang gemar beradu pukulan. Ada komunitas yang sering mencari petualangan. Ada komunitas yang gemar memadati lokasi-lokasi Play Station. Ada juga sedikit yang kerang dianggap kampungan, karena gemar belajar, mengaji, dan mengisi waktu senggang dengan kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat.

Maka, memilih komunitas persahabatan adalah sebuah kepastian. Tinggal bagaimana kita menentukan arah kepastian itu. Karena tanpa memilih pun berarti kita sudah memilih. Mengakrabi semua komunitas mana yang wajib kita akrabi. Yah, di masa muda inilah kita memilih orientasi hidup yang akan tetap mempengaruhi diri kita sepanjang hayat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: