3 in 1 Modal Sukses

Spirit!!Tau kah kalian konsep 3 in 1 modal sukses terdepan? Tiga bagian modal sukses itu adalah self-ideal, self-image, dan self-esteem.

Agar sukses, kamu perlu berfikir strategis dengan modal tiga self itu. Langkah pertama untuk berfikir strategis adalah menentukan self-idealmu itu mo gimana. Ini langkah yang awal banget! Kamu bisa mengimajinasikan self-idealmu dengan cara visualisasi kreatif.

Nah, untuk selanjutnya, untuk menentukan self-idealmu, kamu perlu banget untuk menemukan potensi dirimu.

TEMUKAN POTENSIMU!

Menemukan potensi merupakan bagian yang suangat puenting dalam mengembangkan self-idealmu. Semua orang punya potensi, bakat, karunia, atau sesuatu yang terampil mereka lakukan. Hei, potensi itu nggak mesti bakat yang begitu menarik perhatian kayak jadi juara sekolah atau mampu buat desain indah, lho! Potensi itu luas, termasuk keterampilan berhubungan sosial, menjadi tempat curhat yang baik, bersikap ramah, mudah memaafkan, mudah memberi.

Zaman dahulu, kecerdasan yang diperhitungkan cuma kecerdasan intelegensia. Ternyata, belakangan, konsep kecerdasan majemuk ala Howard Gardner dan tokoh serupa diterima luas. Jadi, seorang atlit juga seirag yang cerdas, ia mempunyai kecerdasan fisik. Desainer juga orang yang cerdas, ia mempunyai kecerdasan spsial-kecerdasan tentang ruang dan bentuk. Nah, kayak gitu lho! Ini sekedar contoh saja bahwa potensi itu buanyak, layaknya kecerdasan yang kini juga beragam macamnya.

Ada hal lain yang perlu kamu mengerti. Sebagai manusia yang unik, beda satu sama lainnya, perkembangan kita berbeda-beda. Temanmu mungkin sudah menemukan bakatnya, kamu masih mencari-cari. Nggak perlu khawatir. Memang terkadang perlu waktu untuk menemukan potensi dirimu.

Sebentar lagi, kamu akan mengeksplorasi dirimu untuk menemukan potensi-potensi dirimu. Siap?

EKSPLORASI DIRI

Di bawah ini, kamu akan menemui perangkat perangkat untuk mengesplorasi dirimu. Perangkat ini penting banget buat menemukan potensi-potensi dirimu.

Petunjuknya sederhana-sederhana saja. Jawablah dengan jujur. Pakai saja kertas, buku tulis, atau diary-mu agar kamu bisa menuliskan sepuasmu. Saya sangat menyarankan untuk menuliskannya. Soalnya dengan menuliskannya, kamu jadi lebih sadar akan kehebatan-kehebatan dirimu.

Nah, ayo kita mulai!

  1. Pikirkanlah tentang seseorang yang paling berperan positif dalam hidupmu. Siapakah dia? Inginkah kamu punya karakter seperti dia? Kalau ya, karakter yang manakah?
  2. Kamu diberi satu waktu khusus, katakanlah satu hari, untuk belajar apa yang kamu suka. Bidang atau tema apakah yang kamu pilih untuk kamu pelajari di waktu istimewa itu?
  3. Setiap orang punya kesenangan. Sebutkan 10 hal yang senang kamu lakukan! Bisa membaca, menggambar, berolahraga, dan lainnya.
  4. Bayangkan sesuatu yang mewakili diri kamu; lampu, kotak, sepeda, kursi, merpati, atau lainnya. Mengapa sesuatu itu mewakili dirimu?
  5. Misalnya saja, lima tahun lagi, sebuah surat kabar mewawancarai orang tua, saudara, dan temanmu tentang dirimu. Kamu ingin mereka bilang apa tentang kamu?
  6. Bayangkan 20 tahun ke depan kamu dikelilingin orang-orang terpenting dalam hidupmu. Siapakah mereka dan apakah yang kamu kerjakan?
  7. Bayangkan kamu sudah berusia 70 tahun. Kamu sudah mendekati masa-masa akhir hidupmu. Orang-orang terdekatmu berada di sekelilingmu; keluargamu, temanmu, mitra kerjamu, anak buahmu, dan tetanggamu. Apa yang mereka katakan tentang hidupmu? Apa yang mereka katakan tentang prestasimu? Apa yang mereka katakan tentang kontribusimu ke hidup mereka?
  8. Semua orang punya satu bakat atau lebih. Kamu pandai apa saja? Sebutkan sebanyak-banyaknya! Bisa saja: atletik, artistic, pandai  dengan kata-kata, menerima orang lain, bekerja sama dengan baik dengan orang lain, penuh humor, bercerita, menulis, berpikir kreatif, dan sebagainya.
  9. Apakah keinginan terbesarmu? Adakah sesuatu yang menyentuh hatimu dan memberikan wawasan, pengalaman, serta kemampuan khusus? Hal-hal luar biasa apakah yang dapat kamu lakukan?
  10. Adakah keunikan riwayat hidupmu? Pengalaman-pengalaman hidup apa yang kamu miliki, yang membuat kamu menjadi istimewa dan yang memberikanmu wawasan, pengalaman, serta kemampuan khusus?
  11. Dengan orang-orang seperti apa kamu sekarang bergaul? Bakat, bawaan, serta semangat orang-orang yang bergaul denganmu akan membuat sebuah peluang yang mungkin saja tidak kamu sadari.
  12. Kebutuhan seperti apa yang kamu miliki? Kebutuhan apa saja yang ingin kamu penuhi? Keinginan untuk memenuhi kebutuhan bisa membantu memperkuat suatu visi.
  13. Dalam hidupmu, apa saja hal-hal besar yang kamu bayangkan yang bisa kamu lakukan sendiri?

Alhamdulillah, sekarang kamu sudah punya catatan tentang apa saja potensimu. Dengan bekal pengetahuan ini, kamu bisa memvisualisasikan secara kreatif self-idealmu dengan lebih tepat sasaran. Itulah bahan-bahan dasar langkah strategis mencapai suksesmu! Selamat atas eksplorasi dirimu, selamat bermimpi, dan raihlah sukses!

Dikutip dari elFata.edisi 06 Vol.09.2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: