Harapan

Harapan adalah sarapan yang baik, dan makan malam yang buruk — Francis Bacon

Harapan. Kita akan berbicara tentang harapan. Tetapi sebelumnya, apasih harapan itu? Tentunya banyak yang mencoba berpendapat tentang apa itu harapan. Menurut www.id.wikipedia.org harapan atau asa adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian akan bebuah kebaikan di waktu yang akan datang. Nah, itu kalo menurut wikipedia. Kalo menurut miss Cuit sendiri, harapan itu suatu bentuk dari keinginan yang begitu ingin kita wujudkan sehingga memacu kita untuk melakukan sesuatu yang dapat membuat perubahan menjadi yang kita anggap lebih baik. Dan tentunya masih ada sekian juta orang yang memiliki pendapat lain tentang harapan yang kesemuanya itu tidak dapat disalahkan.

Manusia memang ditakdirkan harus hidup dengan harapan. Tapi harapan bukan untuk digantungkan. Memang baik jika kita memiliki harapan untuk selangkah lebih baik atau bahkan menjadi dan memperoleh yang terbaik. Tapi apa bisa semua terwujud hanya dengan pengharapan? Usaha. Usahalah yang sebenar-benarnya dapat mengubah segalanya. Dan melalui usaha yang berupa tindakan itulah kita dapat menjadi manusia seperti yang kita harapkan.

Ironisnya, banyak orang justru menggantungkan hidup dan matinya hanya pada sebuah harapan yang tidak pasti. Mereka terlalu bergantung besar pada harapan yang mereka anggap merupakan jalan satu-satunya untuk lebih baik. Tapi tidak, kawan. Bukan itu yang sebenarnya kita cari. Berharap yang terbaik sekalipun tidak akan dapat mengubah kondisi kita saat ini. Dan sekali lagi, usaha dan tindakan lah yang dapat membantu kita. Keduanya merupakan kombinasi yang klop.

Harapan nggak bisa mengganti tindakan. Kerjakan apa yang harus dikerjakan, ada atau nggak ada harapan. Harapkan yang terbaik dan kerjakan apa saja yang memungkinkan harapan itu terwujud.

Memulailah hari baru dengan harapan, dan sambung dengan kerja dan karya. Biarkan harapan menginspirasi kita, ketimbang membuai kita.

Jangan berfikir yang terbaik, tapi lakukanlah yang terbaik🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: