nice blog🙂
blogwalking yuk..

Wine's Note

Sebelum masuk ke contoh,  mungkin baiknya kita ulang lagi ciri umum dari Hortatory text yuk, biar gag lupa…🙂

Tujuan Komunikatif Teks (Communicative Purpose) yaitu memaparkan dan mempengaruhi audience (pendengar/pembaca)

Struktur Teks/Generic structure

  • Thesis; Pernyataan isu yang dipersoalkan
  • Arguments: berupa alasan mengapa ada keprihatinan, dan mengarah ke rekomendasi
  • Recomendation: pernyataan tentang bagaimana seharusnya atau tidak seharusnya

CONTOH HORTATORY

Lihat pos aslinya 1.384 kata lagi

Harapan

Harapan adalah sarapan yang baik, dan makan malam yang buruk — Francis Bacon

Harapan. Kita akan berbicara tentang harapan. Tetapi sebelumnya, apasih harapan itu? Tentunya banyak yang mencoba berpendapat tentang apa itu harapan. Menurut www.id.wikipedia.org harapan atau asa adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian akan bebuah kebaikan di waktu yang akan datang. Nah, itu kalo menurut wikipedia. Kalo menurut miss Cuit sendiri, harapan itu suatu bentuk dari keinginan yang begitu ingin kita wujudkan sehingga memacu kita untuk melakukan sesuatu yang dapat membuat perubahan menjadi yang kita anggap lebih baik. Dan tentunya masih ada sekian juta orang yang memiliki pendapat lain tentang harapan yang kesemuanya itu tidak dapat disalahkan.

Manusia memang ditakdirkan harus hidup dengan harapan. Tapi harapan bukan untuk digantungkan. Memang baik jika kita memiliki harapan untuk selangkah lebih baik atau bahkan menjadi dan memperoleh yang terbaik. Tapi apa bisa semua terwujud hanya dengan pengharapan? Usaha. Usahalah yang sebenar-benarnya dapat mengubah segalanya. Dan melalui usaha yang berupa tindakan itulah kita dapat menjadi manusia seperti yang kita harapkan.

Ironisnya, banyak orang justru menggantungkan hidup dan matinya hanya pada sebuah harapan yang tidak pasti. Mereka terlalu bergantung besar pada harapan yang mereka anggap merupakan jalan satu-satunya untuk lebih baik. Tapi tidak, kawan. Bukan itu yang sebenarnya kita cari. Berharap yang terbaik sekalipun tidak akan dapat mengubah kondisi kita saat ini. Dan sekali lagi, usaha dan tindakan lah yang dapat membantu kita. Keduanya merupakan kombinasi yang klop.

Harapan nggak bisa mengganti tindakan. Kerjakan apa yang harus dikerjakan, ada atau nggak ada harapan. Harapkan yang terbaik dan kerjakan apa saja yang memungkinkan harapan itu terwujud.

Memulailah hari baru dengan harapan, dan sambung dengan kerja dan karya. Biarkan harapan menginspirasi kita, ketimbang membuai kita.

Jangan berfikir yang terbaik, tapi lakukanlah yang terbaik🙂

About My Everything

Dia, dia yang selalu ada di hatiku, di dalam setiap hela nafas dan detak jantungku. Dia yang tidak pernah bisa lepas dari fikiranku. Dia yang selalu memenuhi isi otakku hingga mungkin bisa dikatakan aku sudah tergila-gila padanya. Dia, my everything🙂

Sebut saja namanya A. Inisial yang hampir mendekati. Dia lahir di bulan A juga. Dengan tanggal yang cukup rahasia, hehe *just for me*. Dia lahir di kota yang sama denganku, Pati Bumi Mina Tani-ku tercinta. Makanan favourite-nya adalah PECEL *nelen asbak*😀

Dia dan aku merupakan teman SMA. Aku mengenalnya sudah lama, sejak SMP. Meskipun kami tidak satu sekolah, tapi aku sering mendengar namanya dari teman-teman sekelasku. Dan ironisnya, aku pun masih saja tidak mengetahui apalagi mengenalnya. Tragis bukan?

Tapi kini berbeda, semenjak aku dan dia bermain dalam satu panggung, aku mengenalnya. Dan bahkan mulai dekat dan yah akhirnya apa yang disebut jatuh cinta pun menjadi bagian pengikat antara aku dan-nya. Tidak kusangka. Dan benar tidak pernah aku menyangkanya. Kita punya banyak sekali perbedaan yang mungkin dilihat orang tidaklah mungkin aku dan dia bersama.

First, aku dan dia punya postur tubuh yang berbeda jauh. Dia tinggi menjulang, dan aku hanyalah seorang gadis mungil dan imut *kata siapa?*😀 Dan tentunya masih banyak perbedaan lain yang entah aku sendiripun tidak menyadarinya. Tetapi bukankah fungsi perbedaan adalah saling melengkapi? Dan itu pula satu kunci utama yang kita pegang untuk selalu bersama ke depannya.

Aku dan dia memang duo pasangan yang khayal, aneh, nyebelin, rese, tapi yaa kenyataannya pun kita saling sayang. Kita punya rumus utama yang kita sebut sebagai SEHATI. Dan dengan rumus satu ini, aku dan dia yakin kalau perbedaan pasti dapat disatukan. Perbedaan tidak akan menjadi penghalang rasa sayangku ke dia dan begitupun sebaliknya.

Dia lah satu-satunya orang yang ada dihatiku. Entah berapa kali aku mengatakan ini padanya. Tapi setiap kali aku berkata kata yang sama, tak pernah berubah sedikitpun rasanya. Tubuhku merinding disko. Mungkin karena ini seperti sumpah serapah yang aku lontarkan.

Kita memang berharap yang terbaik. Dan disaat itulah aku semakin yakin, yang terbaik adalah dirinya.
You’re mu everything, yesterday, today, and forever. God bless us forever🙂

Untukmu yang tersayang …

Untuk engkau yang ku sayang, yang paling tersayang, yang selalu ada di hatiku …

Aku memang bukan seorang pujangga yang pandai menorehkan kata-kata indah untukmu. Aku bukan seorang yang memiliki segalanya untuk ku berikan padamu. Tapi aku, aku orang yang selalu ingin ada di sampingmu kapanpun dan dimanapun. Aku orang yang ingin tulus mencintai dan menyayangimu meski tanpa balasmu. Aku orang yang terus memikirkanmu disiang dan malamku. Aku orang yang mengharapkan satu senyuman manis darimu. Aku orang yang terus memandangmu dari kejauhan. Aku orang yang tak pernah bisa berhenti bernafas untukmu. Aku orang yang hanya mampu tersenyum karenamu. Aku orang yang meneteskan air mata juga karenamu. Aku orang yang selalu merasa membutuhkanmu. Aku orang yang yakin kamulah satu-satunya. Aku orang yang tidak pernah letih mencoba menatapmu. Aku orang yang selalu setia menunggumu. Aku orang yang ingin kau membaca kata hatiku. Aku orang yang ingin melihat kilau tatapan matamu. Aku orang yang ingin berada di antara engkau dan nadimu. Aku orang yang ingin kau sedikit tau perasaanku. Aku orang yang ingin kau hargai. Aku orang yang ingin kau mengerti apa yang aku mengerti darimu. Aku orang yang satu-satunya. Satu-satunya untuk hatimu.

A Letter from My Everything

Ini adalah sebuah surat dari seseorang yang berarti buat aku di tiga hal, hari kemarin, hari ini, dan hari esok. Surat ini terbit *ceilah* tepat pada hari ulang tahunku, 3 Desember, tahun ini. Dengan bingkisan kertas kado berwarna coklat dan motif corak ‘waru’ yang bikin hati jadi ngeuh banget.

Silakan disimak . .

To : Bebey

From : Unyu

Hey, Sayang… Happy Birthday yah?? Semoga di ultahmu yang ke-16 ini kamu diberi kelancaran, kesuksesan dalam sekolahmu, terus jadi yang lebih pinter… patuh kepada kedua ortumu dan … apalagi ya? Pokoknya segala yang terbaik buat kamu deh hehehe…

Ooo… iya jangan nakal kalo sama aku. Kwkwkw. Terus jangan putus asa.

Bebey, Suyung, Sayang, My Tail, Til-Til, etc dah… Maaf ya bukane aku ga spesial ngasih kado ke kamu, tapi aku bingung mau ngado apa, ya udah aku ngado novel ini biar kalo lagi badmood kamu isa baca ini dan always remember about me.

Aku ambil novel ini karena covernya didominasi warna ungu (warna kesukaanmu sekarang setelah bergabung dengan 4childs), terus dari sinopsisnya dan judulnya ada embel-embel kaya “MAU DEWA CINTA/COWOK YANG BIKIN KETAWA?” Kata itu mengingatkanku saat pertama kali naksir kamu yang PDKT-nya itu aku suka bikin ketawa kamu.

Emh… Cukup gini aja deh pesan yang aku tulis. Moga bisa bermanfaat buat kamu. Sekali lagi HBD ya… WUATB suyung. I love you..

Your Everything

UNYU (nama disensor)

Siapa sih Pencipta Kata ‘Perpisahan’?

Sampai saat ini *jujur saja* entah miss Cuit yang belom tau alias ketinggalan jaman atau memang tidak pernah ada yang berhasil mengetahui siapa pencipta kata perpisahan. Bisa dikatakan pencipta kata yang satu ini banyak mendapat umpatan bahkan sumpah serapah dari banyak orang. Bahkan hampir setiap orang di dunia ini membenci apa yang disebut dengan perpisahan.

… continue reading this entry.

7 Cara Efektif Mencegah Stroke

Stroke ringan kebanyakan hanya berlangsung kurang dari 24 jam. Setelah itu pasien akan membaik dan kembali normal seperti sediakala. Hal inilah yang menyebabkan muncul istilah mini stroke atau stroke ringan pada masyarakat awam. Bila stroke berlanjut dalam 24 jam atau lebih maka dikategorikan sebagai stroke berat.

PERHATIKAN GEJALANYA

Gejala stroke ringan, menurut Dr.Jimmy Barus, mirip dengan stroke biasa. Berikut beberapa gejala stroke ringan, tergantung bagian mana dari sistem peredaran darah di otak yang terganggu:

  • Gangguan penglihatan di salah satu atau kedua mata, termasuk penglihatan ganda dan tiba-tiba tidak bisa melihat
  • Separuh badan kesemutan
  • Pusing, bingung dan lemah
  • Kesulitan berbicara
  • Tidak dapat berjalan
  • Kehilangan ingatan atau kesadaran secara tiba-tiba
  • Kesulitan koordinasi tangan dan lengan
  • Lemah dan lumpuh di salah satu tubuh
Munculnya gejala itu biasanya tergantung otak bagian mana yang mengalami gangguan. Misalnya saja jika yang terganggu otak bagian kiri maka mungkin pendengarannya yang akan terganggu.

Monas untuk Garut

“Teng…, Teng…, Teng…,”

Bukan suatu bunyi bel yang bagus memang. Namun cukup membuat hampir seluruh dari anak SMA Saturnus bersorak riang. Satu per satu dari mereka keluar kelas setelah guru mata pelajaran terakhir tak tampak lagi di dalam ruang kelas nan membosankan itu.

Kelas X-12 pun seketika menjadi sepi senyap. Tulisan di papan, meja, dan bangku di sana menjadi saksi perjuangan menempuh pelajaran hari ini. Cukup membuat lelah.

“Dis, loe bareng kita ngga?” tanya Geby ke salah satu sahabatnya, Gladis.

“Emp, sorry ya hunny bunny sweety angel-ku sayang. Gue pulang bareng Revan aja deh,” jawab Gladis dengan senyum yang mengembang. Ia menata posisi tasnya, dan menunggu jawaban dari salah satu atau salah semua sahabat Sweety Angel-nya itu.

“Yaelah… Ngerti deh yang langgeng. Ya udah, gue, Chika, sama Betty pulang dulu yah?”

Gladis hanya mengangguk dan kembali tersenyum. Ketiga sahabatnya itu meninggalkannya berjalan sendiri ke arah gerbang sekolah.

Tak tampak batang hidung Revan, motornya, atau apapun tentang dia. Kira-kira sudah dua puluh menit ia menunggu di depan gerbang hijau sekolahnya. Sesekali ia menatap arloji di tangannya, atau membuka handphone-nya sekiranya Revan memberi kabar. Namun, nihil.

… continue reading this entry.

Antara Pertemanan dan Persahabatan

Sebagai kaum muda, banyak di antara kita yang memiliki teman dengan berbagai karakter, latar belakang, dan status sosial.

Di masa muda, berteman adalah sebuah keindahan. Ada beragam kebanggaan hati, bila kita memiliki banyak teman. Banyak teman, juga berarti banyak permainan, banyak keakraban, banyak petualangan dan banyak pengalaman. Semua itu serba mengasyikkan. Apalagi saat di rumah kita kurang mendapat perhatian orang tua.

Teman sering dijadikan tempat curhat, tempat berbual, tempat menghilangkan kepenatan, dan meski sekali-kali juga tempat kita melampiaskan kekesalan. Itulah sebabnya, teman akrab di masa remaja, sering identik dengan potensi lawan berkelahi.

… continue reading this entry.

Tips dan Trik Foto Oke dengan Ponsel

Banyak ponsel yang kini sudah dilengkapi kamera. Fasilitasnya pun tak jauh berbeda dengan kamera pocket, begitu pula tingkat revolusi yang dihasilkan. Agar hasil foto ponsel jadi maksimal, ikuti tipsnya!

… continue reading this entry.

« Older entries